Monday, September 15, 2008

Naik 272 Tangga di Batu Caves

Batu Caves terletak di negara bagian Selangor, sekitar 13 km dari kota Kuala Lumpur dan merupakan tempat ibadah suci bagi orang Hindu di Malaysia. Yang menarik dari tempat ini adalah kuil-kuil Hindu di dalam gua serta patung dewa Murugan yang menjulang tinggi sekitar 43 meter. Dikatakan bahwa patung Murugan ini merupakan patung dewa Hindu yang tertinggi di dunia. Setiap tahun sekali pada bulan Februari biasanya akan diadakan festival Thaipusam di Batu Caves.

Jika anda kebetulan datang ke KL pada bulan Februari ada baiknya jika anda cek ulang tanggal dimulainya festival tersebut. Saya sendiri belum pernah datang pada saat festival Thaipusam, tetapi jika melihat foto2nya, cukup menyeramkan, karena ada beberapa atraksi yang cukup aneh, seperti orang dalam keadaan kesurupan, serta orang yang ditempel semacam paku dibadannya dan ditarik-tarik. Bahkan juga ada orang yang ditancap dengan panah mukanya tembus dari pipi kiri ke pipi kanan. Pada saat festival ini berjalan, Batu Caves biasanya akan menjadi lautan orang.

Di Batu Caves terdapat 3 gua utama dan satu gua kecil. Ada juga tur untuk melihat kehidupan kelelawar di dalam gua, tapi saya tidak berani ikut tur tersebut, karena phobia dengan ruang sempit, dan saya pasti tidak tahan dengan bau kotoran yang menyengat hidung. Untuk orang tua yang sakit jantung atau rematik sebaiknya tidak usah ikut menuju ke kuil utama, karena anda harus menaiki tangga sebanyak 272 anak tangga. Saya sendiri yang masih lumayan muda aja terpaksa mengambil istirahat beberapa kali sebelum sampai ke kuil utama.

Walaupun anda bukan beragama Hindu, tapi para pendeta disana dengan sopan akan mengajak anda turut sembahyang bersama di kuil, dan dahi anda biasanya akan ditempel semacam tanda yang biasa kita lihat pada orang India. Anda juga diperbolehkan foto bersama dengan pendeta disana. Sediakan uang kecil untuk menyumbang uang seadanya. Sepanjang perjalanan menaiki 272 tangga anda akan menemukan banyak monyet berkeliaran bebas. Jangan biarkan barang=barang berharga anda dijambret mereka, karena mereka diam-diam suka ngambil barang seenaknya dan lari.

Batu Caves buat saya tempatnya cukup jorok, banyak sampah bertebaran dan banyak kotoran burung dara serta kotoran monyet bertebaran. Di dalam gua bau kotoran akan semakin menyengat karena banyak terdapat kotoran kelelawar di dalam. Siapkan hidung anda sebelum sampai ke Batu Caves. Cukup mengherankan, katanya tempat suci bagi orang Hindu, tapi kok tempatnya jorok.

Untuk menuju ke Batu Caves yang paling mudah adalah naik taksi, jaraknya hanya sekitar 13 km dr kota Kuala Lumpur dan biayanya sekitar RM 10 - RM 15. Naik bus bisa juga dari stasiun Titi Wangsa ambil RapidKL bus rute U6. Jangan lupa kasih tau supir busnya bahwa anda akan berhenti di Batu Caves. Jika anda dari China Town Petaling Street ambil bus Nr 70 and 349. Naik kereta api, gunakan KTM Commuter dari KL Sentral berhenti di Sentul Station.

Oh ya, jangan lupa pakai sepatu yang enak buat naik tangga sebanyak 272 anak tangga.

Video Batu Caves


6 comments:

  1. Thanks mas, blog nya sangat informatif. Sekalian mau nanya nih mas, saya ada rencana ke KL sama keluarga. Nah kita mau mampir ke Batu Caves trus ke Genting. Ada bus atau trasportasi umum ga yang langsung dari Batu Caves ke Genting? Thanks infonya

    ReplyDelete
  2. Setahu saya transportasi umum dr batu caves ke Genting seperti bis tidak ada. Kalau taxi banyak tapi mahal. Sebaiknya anda naik taksi dr Batu Caves ke KL Sentral. Nah dari KL Sentral banyak bis menuju Genting.

    ReplyDelete
  3. Salam sejahtera...

    Bagi para turis Muslim/Islam, jangan sesekali membenarkan pendeta Hindu membawa anda sekali bersembahyang bersama mereka dan juga jangan sesekali pendeta itu menyapu di dahi (yang disebut tiga garis). itu amalan agama mereka dan agama Islam melarang kita melakukan aktivitas seperti itu karena ia membawa syirik kepada Allah. Jika ia terjadi pada kalian, katakan saja anda tak mau.

    ReplyDelete
  4. Yang berkesan di Batu Caves yaitu salah satu makanannya, Roti Tissue

    ReplyDelete
  5. itu bener ya 13km naik taxi biaya hanya 15RM?
    kalau dr KL ke genting naik taxi kira2 biaya brp ya? (perkiraan saja nggak pa2)
    thnks

    ReplyDelete
  6. Terima kasih untuk informasinya :) Kebetulan tahun depan saya ingin kesana.

    ReplyDelete